Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Daftar Volunteer Agar Lolos Seleksi Ini Tipsnya - Kita Daftar

Cara Daftar Volunteer agar Lolos Seleksi Ini Tipsnya


Kitadaftar.com - Cara Daftar Volunteer agar Lolos Seleksi  adalah hal yang perlu di perhatikan  agar pendaftran bisa diterima, walaupun sebenarnya volunteer atau biasa disebut Relawan artinya siap menyumbangkan tenaga untuk bantuan atau menjadi relawan dengan seikhlas hati tanpa ada imbalan yang berupa upah Namun untuk bergabung para penerima relawan pastilah mereka memiliki kriteria - kriteria yang bisa bergabung bersama mereka.

Volunteer biasanya diadakan jika ada kegiatan bantuan sosial, bencana alam, kegiatan pendidikan dan lain sebagainya, Namun walaupun jadi volunteer tidak mendapatkan imbalan tetapi banyak juga yang berminat untuk mendaftra kegiatan ini dengan alasan untuk meringankan beban dan membantu mereka yang membutuhkan.

Nah untuk bersaing dengan mereka kalian harus tau strategi agar mudah diterima.

Cara Mendaftar Volunteer serta Tips agar bisa diterima

Kunjungi Link Pendaftaran Atau Cari Tahu tempat pendaftaran

Kalian bisa mendapatkan informasi dari Instagram atau situs resmi dari Jenis Volunteer yang kalian incar, misalnya nih, ada kegiatan sosial karena adanya musibah bencana alam, kalian bisa cari tau di situs atau Instagram resmi pada lokasi bencana alam tersebut, Dengan situs resmi pastilah mereka publikasikan apa yang mereka butuhkan termasuk jika mereka membutuhkan relawan.

Maksimalkan Kepercayaan Diri

Dalam mengikuti seleksi yang paling harus kalian tanamkan pada diri sendiri adalah bahwa kalian mampu bersaing untuk memenangkan dan lolos dalam penerimaan ini, setelah kalian yakinkan diri anda sendiri ikutilah dengan usaha,  maksimalkan namun tetaplah untuk tidak menjadi juri pada diri sendiri untuk memvonis diri sendiri bahwa anda tak akan lulus dalam pendaftaran ini

Jangan berfikir pesimis bahwa kalian tidak mampu karna dengan jiwa yang pesimis maka akan mengurangi kepercayaan diri kalian untuk ikut bersaing. 

 

Tetap Menjadi Pembaca yang Cerdas (Smart Reader)

Menjadilah pembaca yang cerdas, setiap penerimaan pastilah ada panduannya, kalian wajib menyimak dan betul betul memahami dari panduan tersebut sebelum masuk ketahap pendaftaran.

Saat pendaftaran Usahakan tidak banyak bertanya karena jawaban dari semuanya pertanyaan kalian pasti sudah disiapkan di buku panduan ataupun Link Panduan tinggal kalian bagaimana membaca dengan baik dan memahami apa yang kalian baca,

Misalnya, kak gimana sih cara daftarnya, apa sih persyaratannya, kapan akhir pendaftarannya ? dan pertanyaan pertanyaan seperti itu pasti sudah di satukan oleh panitia di Panduan.

Karena dengan melakukan banyak pertanyaan akan menjadi penilain buat kalian bahwa gimana nantinya kalian akan menjadi baggian dari mereka sementara mengamati dan memahami bacaan saja susah.

 

Isilah Formulir dengan jawaban yang efektif atau tepat serta meyakinkan

Saat kalian mengisi formulir pendaftaran ada berbagai pertanyaan, disarankan untuk mengisi jawaban yang tepat bukan jawaban yang ngambang dan bertele tele. Maksimalkan jawaban yang singkat tapi jelas dan Jangan menambah penjelasan yang tidak diminta. 

Untuk antisipasi apakah jaringan bagus atau lambat kalian bisa jawab pertanyaan tersebut di Notepad ataupun word terlebih dahulu nanti kalian tinggal salin pada saat waktu yang tepat.


Isi Form serta  Perkenalkan diri Dengan Singkat dan Tepat

Bahwasanya penilai ataupun panitia pastilah ada banyak data peserta yang akan mereka periksa nah jika Di formulir terdapat permintaan untuk perkenalkan diri, Silahkan diisi dengan jawaban singkat dan tepat. Kenapa demikian ? karna biasanya panitia baca awalnya jika dia merasa ini terlalu bertele tele maka  panitia menghentikan untuk mengecek selanjutnya.

Usahakan diawal perkenalan kalian menarik dan membuat penasaran untuk panitia mengetahui selanjutnya.

Demikian juga jika perkenalkan dirinya melalui wawancara maka kalian juga harus memperkenalkan diri dengan singkat dan padat, pastikan diawal perkenalan penguji sudah tertarik dengan kalian.

Menguasai Situasi Tempat Pengabdian

Saat kalian diwawancara pastilah ditanya apa program kalian jika diterima, untuk mempermudah jawaban ini yang harus kalian tau adalah situasi dimana lokasinya dan bagaimana suasanyanya disana.

Dengan mengetahui suasana lokasi barulah kita bisa merencanakan sebuah program yang lokasi butuhkan saat itu.

Paparkan program yang peserta lain tidak paparkan namun tidak keluar dari target sebenarnya.

Kurangi memaparkan program yang sudah banyak peserta yang gunakan (pasaran)

Diakhir, Angkat Kemampuanmu Dengan Bijaksana Namun Tetap Sopan

Kalian bisa ceritakan semua kemampuan kalian namun jangan sampai terdengar sombong hindari untuk sok tau segalanya secara berlebihan, Tutup Perkenalan dengan menampilkan statmen yang Menarik dengan closing yang menarik bisa meninggalkan kesan yang bagus dan akan menjadi nilai tambah buat kalian.

Nah biasa kan ada pertanyaan menyatakan bahwa " Mengapa kami harus memilih kamu untuk menjadi bagian dari kami ?"

Disinilah kesempatan yang sangat baik untuk kalian ungkapkan dan bisa meninggalkan kesan yang baik dengan mengungkapkan kata kata yang menarik bahwa memang anda layak dan bahkan sangat layak untuk menjadi bagian dari Volunteer tersebut.

Demikin Tips dan Cara Daftar agar bisa diterima jadi Volunteer, semoga tulisan ini bisa berguna buat kalian.

 

 

 

 

 

 

 

 


Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "7 Cara Daftar Volunteer Agar Lolos Seleksi Ini Tipsnya - Kita Daftar"