Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Secara Efektif

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak


Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak, telah kita ketahui bahwa Anak adalah rejeki yang tak terhitung yang diberikan Tuhan sama kita. 

Allah SWT menitipkannya untuk kita didik dengan baik, memperlakukan dengan baik, untuk membentuknya menjadi anak yang sholeh dan Soleha, menjadi anak yang dapat berguna bagi sesama. 

Betapa banyak orang sudah berkeluarga yang mengharapkan keturunan namun belum diberikan sama Allah SWT, Maka kita yang sudah dikaruniai keturunan patutlah bersyukur dengan jalan merawat dan mendidik anak kita dengan sebaik baiknya.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak 

Dari kemajuan teknologi sekarang seakan akan karakter anak tidak lagi seperti karakter anak jaman dulu,  saat kita masih anak anak, kita kurang mengenal namanya teknologi terutama yang namanya Handpone.

Jaman dulu anak anak bermain dengan puas dialam terbuka, dengan peralatan yang mereka ciptakan sendiri, dengan puasnya dalam seharian bermain bersama teman mereka ditaman, bersama orang tua dan keluarga lainnya, bercanda bersama.

Anak jaman dulu masi sangat mematuhi namanya tata krama, bagaimana menghormati sesama, menghormati Orang Tua, Guru dan teman sebaya.

Namun  sekarang semuanya sudah berubah mengikutik kemajuan teknologi, Bisa dilihat dari banyaknya kasus kasus anak yang pengaruhnya dari teknologi, terutama Hp. 

Dimana anak yang sudah berani membanta dan melawan orang tua, guru dan bahkan membuly temannya, itu karna mereka lihat dari apa yang mereka nonton di hp mereka.

Bahkan dengan hp hubungan silaturahmi sudah tidak ada, orang tua yang dalam seharinya tidak lagi memiliki waktu dengan anak, jangankan untuk bercanda untuk ngobrol dengan hal hal penting saja sudah tidak punya waktu.

Sehingga untuk mencari mudahnya tak sedikit orang Tua menyuguhkan Gadget ke anak mereka agar tidak mengganggunya sehingga tumbulah anak yang memiliki karakter tidak peduli.

Maka dari itu jika kita memiliki anak yang berkarakter buruk maka bukanlah kesalahan sepenuhnya dari anak, cobalah untuk intropeksi diri kita, sudah kita didikka anak kita dengan baik, apakah kita punya waktu untuk anak kita, apakah kita sebagai orang tua sudah memberi contoh dengan baik.

Karna jangan sampai kita menasehati anak untuk tidak melakukannya sementara kita sebagai orang tua melakukan hal tersebut.

Sebelum terlambat marilah kita bekerja sama dengan pasangan kita untuk menghindari tumbuhnya anak kita menjadi anak yang kurang peduli dengan sesama, salah satu penyebab anak yang tidak peduli dengan sesama adalah adanya penggunaan Gadget yang sangat berlebihan sehingga anak anak merasa dia bisa berbahagia cukup bersama HP tersebut sehingga mereka kurang merespon dengan orang disekitarnya.

Bagaimana jika anak kita sudah terlanjur kecanduan gadget ? Dibawah ini Cara mengatasi Anak yang kecanduan gadget :

  • Membuat Kesepakatan dengan Anak

Menangani anak haruslah dengan kasih sayang karna pada umumnya anak senang dengan kelembuatan dan pujian, 

Buatlah kesepakatan dengan mereka, membuat kesepakatan dengan anak laki laki berbeda dengan anak perempuan, 

  • Untuk anak laki laki yang dominan bekerja adalah otak kanan mereka, sehingga anak laki laki lebih senang dengan bermain nah untuk membuat kesepakatan dengan anak laki laki cobalah untuk ajak bermain dulu, atau keluar makan makanan yang mereka senangi, khususnya anak laki laki lebih cepat menerima nasehat jika dalam keadaan bermain atau hati mereka senang.
  • Tanyakan dengan nada santai tentang apa saja yang dia lihat di hp mereka, misalnya dia senang bermain game, Ajukan pertanyaan seperti, Seru ya bermain game itu, pasti anaknya terpancing kan? mereka pasti dengan senang dan bangga menjelaskan, setelah kalian melihat anaknya sudah puas menjelaskan, kalian bisa memulai meminta untuk membuat kesepakatan berapa lama waktu yang dia butuhkan untuk satu kali bermain game, semisal anak kita tentukan 2 jam maka dengan waktu yang dia tentukanlah yang kita ikuti.
  • Pastikan kalian mengontrol waktu bermain game mereka, sebelum sampai waktu 2 jam ingatkan bahwa waktunya nak tinggal 30 menit, misalnya ya, agar dia siap siap untuk berhenti dan pamit dari tim game yang dia ikuti, jadi jangan sekali kali kalian langsung merampas pada saat seru serunya dia bermain game, karna jika dia berhenti bermain dalam keadaan emosi disitulah anak tumbuh rasa membangkan karna merasa tidak dihargai.
  • Catat setiap kelebihan kelebihan jam yangdia gunakan, kemudian perlihatkan sekali sebulan atau tiap hari liburnya pada saat kalian sedang mengajaknya bermain.
  • Tentukan waktunya kapan dia belajar dan bermain, luangkan waktu kalian untuk mendampinginya baik saat bermain maupun pada saat belajar. 

Demikian Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak  semoga bermanfaat




Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Secara Efektif"